Senin, 28 Maret 2011

Kasiat Serat

Serat dibutuhkan oleh tubuh untuk melancarkan pencernaan dan memelihara kesehatan usus. Namun, ada hal yang belum anda ketahui tentang unsur nutrisi yang terdapat dalam sayuran dan buah ini. Para peneliti dari Universitas Leeds Inggris menyatakan, asupan serat yang cukup sangat penting bagi wanita pra-menopause karena bisa menurunkan resiko kanker payudara.

Tak tanggung-tanggung, resiko terkena kanker payudara bisa berkurang hingga setengahnya.

Melalui riset yang dilakukan pada 35 ribu wanita, para peneliti menemukan, wanita yang mengonsumsi serat 30 gram per hari memiliki resiko kanker payudara 50% lebih kecil ketimbang wanita yang mengonsumsi serat kurang dari 20 gram setiap harinya.

Mengapa serat bisa mengurangi resiko kanker payudara? Menurut para peneliti, serat mempengaruhi tubuh dalam memproses dan mengatur hormon estrogen. Hormon ini menyebabkan perkembangan dan mempertahankan tanda-tanda kelamin sekunder pada wanita, seperti payudara, juga terlibat dalam pengaturan siklus haid.

Kadar hormone estrogen pada wanita pra-menopause biasanya tinggi.

Kini, anda sudah tahu bahwa mengasup cukup serat bisa menjauhkan anda dari terkena kanker payudara. Lalu, bagaimana cara mencukupi asupan serat bagi tubuh?

Ada banyak jurus yang bisa dilakukan untuk meningkatkan asupan serat.

Ganti Menu Sarapan

Jika sereal menjadi menu makan pagi anda, pilihlah sereal yang kaya serat. Atau, kalau selama ini anda biasa menyantap roti putih (white bread) yang terbuat dari tepung terigu, gantilah dengan roti yang terbuat dari tepung gandum utuh, yang biasa disebut wholewheat/wholemeal bread karena mengandung lebih banyak serat.

Sayur dan Buah

Jangan lupakan buah dan sayur. Setiap harinya, pastikan anda mengonsumsi lima porsi buah dan sayur

1 komentar: